RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas : X
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Kompentensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleransi, damai) santun, responsif, dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai perasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami
dan menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik,
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu memnggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Memahami
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan
2.
Membandingkan
teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.
Memproduksi
teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.
Menganalisis
teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
C.
Indikator
1.
Siswa mampu memahami struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
2.
Siswa mampu membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
3.
Siswa mampu memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.
Siswa mampu menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa memahami struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi baik lisan maupun tulisan.
2.
Siswa membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
3.
Siswa memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
4.
Siswa menganalisis teks laporan hasil
observasi baik melalui lisan maupun tulisan
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Teks laporan hasil observasi
F.
Metode
Pembelajaran
1.
Tanya jawab, ceramah, diskusi melalui pendekatan
problem based learning, dicovery based learning dan project based learning.
G.
Skenario
Pembelajaran
Pertemuan Ke-
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Strategi Metode
|
1
|
Pendahuluan
(Problem Based learning)
1.
Guru mengondisikan kelas
2.
Guru meminta peserta untuk berdoa
3.
Guru mengecek kehadiran
Kegiatan inti
1.
Guru memberikan contoh masalah (artikel
wawancara dari surat kabar) yang berkenaan dengan pembelajaran teks hasil
observasi.
2.
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan
sementara tentang teks hasil observasi. (Asep)
3.
Guru menyimpulkan dan memberikan pemahaman
tentang teks hasil observasi (pengertian, jenis-jenis dan cara pembuatan).
Penutup
1. Guru
dan siswa merefleksi pembelajaran.
2.
Guru meminta siswa untuk membawa satu teks
hasil observasi. (Reza)
|
10 menit
60 menit
10 menit
|
Tanya jawab
Diskusi
Tanya jawab
|
2
|
Pendahuluan (Discovery Learning)
1.
Mengondisikan kelas dalam persiapan kegiatan belajar mengajar (berdoa,
mengucapkan salam, menyapa peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik).
2.
Mengulas materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
3.
Menyampaikan informasi materi yang akan diajarkan hari ini.
4.
Menyampaikan apresepsi.
5.
Memberikan motivasi.
6.
Menyampaikan prosedur pembelajaran yang akan dilakukan.
Inti Kegiatan
1.
Guru membagikan beberapa murid ke dalam beberapa kelompok.
2.
Peserta didik diminta untuk berdiskusi mengenai perbedaan teks
observasi dengan teks yang sudah dibagikan.
3.
Peserta didik diminta untuk mencatat hasil diskusi di buku catatan
masing-masing.
4.
Perwakilan dari satu kelompok diminta untuk memublikasikan hasil
diskusi kelompok.
Penutup
1.
Guru mempersilakan peserta didik untuk bertanya.
2.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan yang sama
3.
Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
60 menit
10
Menit
|
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Diskusi kelompok
-
Publikasi setiap kelompok
-
Tanya
|
3
|
Pendahuluan (Project Based Learning)
1. Mengondisikan
kelas (berdoa, mengucapkan salam, menyapa siswa, dan mengecek kehadiran).
2. Menyampaikan
informasi materi yang akan diajarkan.
3. Apersepsi
4. Memberi
motivasi
5. Menyampaikan
standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator
6. Menyampaikan
prosedur pembelajaran yang akan dibahas
Inti Kegiatan
1. Guru
memperkenalkan empat produk minuman yang berbeda
2. Peserta
didik diminta untuk mengklasifikasikan serta mengindentifikasi komposisi
minuman tersebut.
3. Peserta
didik diminta untuk membuat teks berdasarkan hasil observasi.
4. Peserta
didik membacakan teks yang terlah dibuat di depan kelas.
Penutup
1. Guru
mempersilakan peserta didik untuk bertanya.
2. Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
3.
Guru memberikan tugas untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10
menit
60 menit
10 menit
|
- Tanya
jawab
|
H.
Media
Pembelajaran
1.
Buku pelajaran
2.
Laptop
3.
Infokus
I.
Nilai
Karakter
1.
Kritis
2.
Keberanian
3.
Rasa ingin tahu
J.
Penilaian
(Evaluasi)
1. Prosedur
penilaian
- Peilaian
performansi atau perbuatan yang dilaksanakan pada saat siswa melakukan kegiatan
pembelajaran
- Penilaian
proyek yaitu tugasyang haus diselesakan dalam kurun waktu tertentu
2. Jenis
tes
- Tertulis
- Lisan
3. Bentuk
tes
- Bentuk
tes berupa praktek pembuatan teks hasil observasi berdasarkan contoh yang telah
diberikan oleh guru.
No comments:
Post a Comment